.,Jika layanan pesan berbasiskan SMS hanya mampu mengirimkan informasi
kepada pengguna yang dikenal, maka Twitter bisa digunakan sebagai sarana
penyebar informasi kepada semua orang baik yang dikenal maupun tidak,
untuk memberitahukan keberadaan penggunanya. Penyampaian pesan dalam
Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan balasan/respon dari
pembacanya.
Contoh untuk urusan sosial, Twitter mampu memberikan informasi cepat
tentang keberadaan kita atau yang akan kita lakukan. Misal “Aku mau
makan malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau ikut, nyusul aja ke Jl.
Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter kita akan mengetahui
berita tersebut dan respon akan tercipta.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa dijadikan alat untuk mengumumkan
kabar terbaru atau posting blog terbaru dari sebuah perusahaan bahkan
berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan kolaborasi
internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan Twitter banyak digunakan oleh berbagai kalangan,
baik itu pemerintah (misal Israel), organisasi (misal NASA), politikus
(misal Barack Obama), selebritis misal Ashton Kutcher dengan nama akun
aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun jackdaniels9, Pete Wentz dengan
nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama akun johncmayer, dan Demi
Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua begitu rajin meng-update
apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
Setelah kita mengenal Friendster, Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan
menyeruak hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh
Twitter adalah menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat menyebarkan informasi pesan singkat melalui
beberapa cara, bisa melalui situs Twitter sendiri, melalui SMS, atau
melalui aplikasi Twitter lainnya seperti Twirl, Snitter, atau Twitterfox
yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser Firefox. Karena
kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori
mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya
menuliskan informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut
biasanya kurang dari 200 karakter
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar